Harga Iphone 12 Prodan Spesifikasinya di Indonesia 

Harga Iphone 12 Pro dan Spesifikasinya di Indonesia! Perusahaan Apple telah berhasil menciptakan sebuah smartphone berkekuatan canggih dengan beragam fitur menarik di dalamnya. Tidak pernah diragukan jika Apple selalu menjadi hanphone …

5 Pelatihan Prakerja Gelombang 18 Terfavorit

Pada Media Sosial milik Prakerja seperti Facebook maupun Instagram telah mengumumkan jika Kartu Prakerja Gelombang 18 akan dibuka tidak lama lagi pada Bulan Agustus 2021 ini. Pada gelombang 18 kali ini …

Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Membuat Latte Art

Apakah Anda sedang belajar untuk membuat latte art di rumah? Memang, latte art cenderung menarik, terutama untuk Anda yang suka dengan variasi kopi yang satu ini. Dengan desain latte yang menarik, …

4 Ide Permainan Anak Laki-Laki dengan Memanfaatkan Benda-benda di Sekitarnya
0 Comments

Tak perlu mainan banyak atau mainan yang mahal, Anda bisa mengajak anak bermain dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah. Permainan anak laki-laki dengan barang-barang di rumah juga kalah menarik bagi si kecil lho. Karena saat anak melihat orang melakukan sesuatu saja, anak-anak akan mudah meniru.

Pada anak usia 2 tahun, si kecil sedang suka bermain pura-pura dan mengikuti. Misal bermain sebagai dokter, montir, supir, atau mengikuti orang tua membersihkan rumah. Jadi sebenarnya apa yang sering dipegang orang tua, anak juga ingin mencoba. Nah, berikut permainan anak dengan barang yang ada di sekitarnya:

  1. Bermain dengan Alat Kebersihan

Saat membersihkan rumah, baik itu dengan sapu atau kain pel, anak-anak biasanya akan “mengganggu” karena ingin melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan orang tua. Bagi orang dewasa hal tersebut adalah sebuah pekerjaan rumah, tapi bagi anak-anak membersihkan rumah justru bisa menjadi permainan.

Jika anak Anda masih berusia 2 tahun atau bahkan kurang dari 2 tahun, Anda bisa memberinya sapu atau pel yang kecil. Hal tersebut juga bisa melatih anak untuk bertanggung jawab, misal saat anak menumpahkan minuman, ajak anak membereskannya dengan kain.

  1. Bermain dengan Kain

Jika ada tumpukan baju, anak-anak cenderung akan membuatnya berantakan karena digunakan untuk bermain. Nah, gunakan saja baju atau kain sebagai permainan anak laki-laki. Misal ada sapu tangan, handuk atau kain lain, ajari anak membuat bentuk-bentuk lucu dari kain tersebut.

Selain melatih anak bertanggung jawab setelah membuat berantakan, permainan tersebut juga dapat merangsang otak anak agar  lebih kreatif.

  1. Membuat Origami dari Kertas Bekas

Tak perlu menyediakan kertas origami khusus. Jika ada kertas yang sudah tidak digunakan, Anda bisa memberikannya pada anak dan melatih membuat mainan sendiri dari kertas tersebut. Misal mengajari membuat bentuk pesawat terbang, katak, ikan, dan bentuk lain.

Hal tersebut bertujuan untuk melatih kesabaran dan ketelitian anak dalam mengerjakan sesuatu. Anda juga bisa mengajaknya berlomba membuat kerajinan agar anak lebih semangat dan meningkatkan jiwa kompetitif anak.

  1. Membuat Rumah-rumahan dari Barang-barang Bekas

Selain origami, Anda bisa memanfaatkan barang-barang bekas lainnya menjadi sebuah mainan. Misal membuat rumah-rumahan atau mobil-mobilan dengan memanfaatkan kertas tisu gulung, kardus bekas, perabotan dapur bekas, dan barang-barang lain yang bisa dimanfaatkan.

Namun tetap perhatikan keamanan dari barang-barang tersebut. Hindari memberikan barang yang berbahaya. Agar anak lebih tertarik, Anda bisa mencontohkan sebuah karya untuk ditiru si kecil. Berikan kebebasan anak dalam berkarya. Bagi orang tua yang tidak bisa membuatnya, Anda bisa mengajak anak belajar caranya dari internet.

Apapun yang ada di sekitarnya terlihat menarik bagi si kecil dan menganggapnya sebuah permainan anak laki-laki yang menarik. Jadi tidak ada salahnya melibatkan anak-anak dalam aktifitas di rumah. Jika Anda suka memasak atau bercocok tanam, ajak saja si kecil ikut serta. Kreatifitas orang tua, kreatifitas si kecil juga!