Dapat Dimanfaatkan untuk Banyak Hal, Berikut Fungsi Pantyliner yang Cukup Unik

Pantyliner merupakan semacam pembalut yang biasa digunakan oleh wanita. Hanya saja alat ini memiliki ukuran lebih kecil dan lebih tipis jika dibandingkan dengan pembalut biasa. Sebagai salah satu barang wajib bagi …

6 Hal yang Harus Dihindari untuk Cegah Rambut Ketombe dari SehatQ.com

Pada saat asyik beraktivitas, tiba-tiba di atas bahu ada bercak putih. Tentu hal ini mengakibatkan aktivitas terganggu dan tidak percaya diri. Ini adalah akibat adanya ketombe yang ada di kepala. Oleh …

Pentingnya Norma Kesopanan Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Pernahkah kamu mendengar tetangga menggunjingkan perilaku tetangga sebelah? Ya, biasanya ketika kumpul ibu – ibu, mereka akan cenderung membahas mengenai perilaku tetangga yang kurang nyaman dan menurut mereka tidak selaras. Nah, …

Cegah Rambut Ketombe
0 Comments

Pada saat asyik beraktivitas, tiba-tiba di atas bahu ada bercak putih. Tentu hal ini mengakibatkan aktivitas terganggu dan tidak percaya diri. Ini adalah akibat adanya ketombe yang ada di kepala. Oleh karena itu, penangan yang tepat harus segera dilakukan. Apabila selama perawatan, ada baiknya Anda menghindari hal-hal berikut untuk mencegah hal tersebut terulang. Ini dia informasinya.

1. Jarang Keramas

Apabila Anda sedang dan sudah melakukan perawatan, ada baiknya mencuci rambut secara teratur. Jangan sampai Anda jarang keramas. Pasalnya, minyak dan sel-sel dari kulit kepala dapat menumpuk dan menyebabkan kulit kepala tidak sehat. Setidaknya Anda harus mencuci rambut tiga hari sekali. Anda juga bisa lakukan dua hari sekali dan jangan lupa untuk memijat kepala serta hindari menggaruk.

2. Menutup Kepala Setelah Keramas

Biasanya hal ini sering dilakukan oleh kaum perempuan terutama yang berhijab. Ada baiknya Anda menghindari menutup kepala setelah keramas. Biarkan rambut kering dengan sendirinya. Apabila Anda terburu-buru, Anda bisa menggunakan kipas angin. Usahakan untuk menghindari penggunaan pengering rambut dalam jangka waktu lama karena juga bisa merusak rambut.

3. Jarang Menggunakan Kondisioner

Hal yang harus diperhatikan lainnya adalah penggunaan kondisioner. Penggunaan kondisioner ini bisa berfungsi sebagai vitamin atau treatment tambahan yang menutrisi kulit kepala maupun rambut. Apabila Anda sering menggunakan kondisioner setiap kali habis keramas, bisa dipastikan kondisioner yang Anda pakai dapat mengondisikan kulit kepala agar tidak terlalu kering.

4. Jarang Menggunakan SPF

Proses perawatan kulit kepala hampir sama dengan perawatan kulit pada bagian lainnya. Kulit kepala juga bisa merasakan sensasi terbakar bila terpapar sinar matahari. Terlebih bagi Anda yang jarang menggunakan penutup kepala.

Kulit kepala yang sudah terindikasi atau muncul gejala ketombe bila terpapar sinar matahari bisa menjadi semakin parah. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menggunakan sunblock atau SPF ke kulit kepala. Terutama setelah mandi dan Anda hendak beraktivitas di luar ruangan.

5. Terlalu Sering Keramas

Jarang keramas dapat memicu kerusakan kulit kepala. Begitu juga dengan terlalu sering keramas. Apabila Anda sering mencuci rambut dengan sampo, dapat mengakibatkan minyak dalam kulit kepala berkurang. Terutama bagi Anda yang bisa keramas sehari lebih dari dua kali. Tentu hal ini dapat mengakibatkan kulit kepala menjadi kekurangan gizi dari sebum sehingga kulit kepala cepat mengelupas.

6. Terlalu Sering Melakukan Perawatan Rambut

Perawatan rambut di sini adalah melakukan pewarnaan rambut, pelurusan maupun perawatan lainnya yang menyebabkan kulit maupun rambut cepat rusak. Hal ini dikarenakan setiap tubuh memiliki reaksi yang beragam seperti kepala gatal, merah, hingga berisik. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengurangi melakukan perawatan yang dominan menggunakan bahan kimia.

Bagi Anda yang memiliki tanda-tanda kerusakan rambut, ada baiknya Anda mulai menyadari untuk segera merawatnya. Sebelum nantinya, rambut maupun kulit kepala semakin menjadi rusak dan tidak sehat. Oleh karena itu, sering-seringlah untuk mencari informasi mengenai pencegahan maupun penanganan bila rambut dan kulit kepala mulai bermasalah.

Salah satu tempat untuk mencari informasi tersebut, seperti tindakan-tindakan yang harus dilakukan, adalah melalui telemedik SehatQ. Pada telemedik ini, Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui fitur chat dokter. Jadi, melalui telemedik ini Anda tidak hanya mendapatkan info penyakit namun semua hal termasuk cara penanganannya, mencegahnya pun Anda juga bisa mencari tempat fasilitas kesehatan terdekat dengan lokasi Anda.